Langkah-langkah Saat Anda Kehilangan Smartphone Android

Administrator     15:01     No comments


Siapa sih yang mau kehilangan smartphone? Apalagi jika itu adalah smartphone satu-satunya yang dimiliki. Tapi saat malang tak dapat ditolak, Anda pun tak bisa mengelak dari situasi tak menyenangkan tersebut, yang penyebabnya bisa beragam. Misalnya lupa, kemalingan atau terjatuh di suatu tempat.


Maaf ya, bukan bermaksud mendoakan tapi apabila Anda mengalami insiden kehilangan smartphone Android, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut ini untuk menghindarkan penyalahgunaan perangkat oleh orang yang mencuri atau menemukan smartphone Anda. Atau sebagai upaya terakhir, mana tahu bisa menemukan kembali smartphone yang hilang tersebut.

Ubah Kata Sandi Akun Jejaring Sosial

Langkah pertama, ubah kata sandi jejaring sosial yang terhubung ke aplikasi di dalam perangkat. Misalnya Facebook, Twitter, Path, Instagram dan lain-lain. Hal ini penting sebab jika tidak diubah, maka orang lain yang menemukan perangkat Anda dapat mengakses akun–akun tersebut.

Lacak Keberadaan Perangkat dengan Android Device Manager

Apabila Anda sudah melakukan langkah antisipasi dengan memasang aplikasi Android Device Manager maka Anda dapat mengupayakan pelacakan lokasi perangkat tersebut dengan menggunakan fitur pelacak dari aplikasi web. (Baca tautan ini untuk teknis penggunaan aplikasi)

Gunakan Fitur Find Phone di CM Security

Atau jika Anda sudah memasang aplikasi CM Security dan mengaktifkan fitur Find Phone, Anda dapat melakukan beberapa langkah antisipasi. Misalnya melacak lokasi perangkat, menghapus data, mengunci perangkat, membunyikan alarm, atau mengaktifkan kamera perangkat dan mendapatkan informasi si pencuri atau lokasi jatuhnya smartphone. (Baca tutorial menggunakan fitur Find Phone CM Security di tautan ini)

Ubah Kata Sandi Akun Gmail

Jika tidak satupun dari dua aplikasi di atas yang terpasang di perangkat maka langsung ubah kata sandi akun Gmail yang digunakan di perangkat tersebut. Setelah diubah maka oknum pencuri atau yang menemukan perangkat Anda tidak dapat menggunakan akun yang sama untuk mengunduh aplikasi, mendaftar layanan atau menyalahgunakan email.

Lapor Pihak Berwajib atau Klaim Asuransi

Terakhir yang dapat Anda lakukan adalah melaporkan insiden kehilangan ke pihak yang berwajib atau melakukan klaim asuransi apabila sebelumnya Anda sudah menyertakannya dalam jaminan keselamatan harta.

0 komentar :

Subscribe to Newsletter

We'll never share your Email address.
© 2015 Digi Magz. Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.